Volkswagen bisa bikin 15 juta mobil listrik dalam beberapa tahun ke depan

Jakarta (ANTARA News) – Volkswagen mengumumkan akan memiliki kapasitas untuk membangun hingga 15 juta mobil listrik selama beberapa tahun ke depan, berdasarkan laporan Reuters yang dilansir Fortune, Jumat (7/12).

Perusahaan asal Jerman itu menginvestasikan lebih dari 11 miliar euro (12,5 miliar dolar AS) untuk kendaraan listrik dan otonom pada 2023, di mana lebih dari 80 persen di antaranya (9 miliar euro) akan dialokasikan untuk mobil listrik.

Angka 15 juta itu merupakan koreksi atas pernyataan Chief Executive Volkswagen, Herbert Diess yang sebelumnya menyebut angka 50 juta unit, dalam sebuah wawancara dengan Automotive News.

Baca juga: Volkswagen bisa produksi hingga 50 juta mobil listrik

Volkswagen sebelumnya mengatakan pihaknya berencana membangun 10 juta kendaraan dalam gelombang pertama mobil elektrik dengan harga terjangkau.

VW merencanakan untuk memiliki 27 model kendaraan listrik yang diproduksi pada akhir tahun 2022, dengan mobil-mobil di bawah merek Volkswagen, Audi, dan Skoda.

Model pertama diharapkan keluar tahun depan.

Ini adalah bagian dari strategi pembuat mobil untuk keluar dari model mesin pembakaran setelah mobil generasi berikutnya menggunakan teknologi “tradisional”, menurut Automotive News.

Volkswagen mengatakan bahwa mereka juga membangun aliansi dengan Ford, dan mungkin menggunakan pabrik perusahaan itu untuk membangun kendaraan di Amerika Serikat. Perusahaan saat ini mengkonversi beberapa pabriknya di Eropa untuk membangun kendaraan listrik daripada mobil bermesin pembakaran.

Baca juga: Volkswagen berencana bangun pabrik kendaraan listrik di Amerika Utara

Baca juga: Volkswagen gelontorkan investasi Rp734 triliun demi mobil listrik
 

Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2018