Lima Tersangka Pembunuh Khashoggi Dituntut Hukuman Mati

Riyadh: Jaksa Arab Saudi menuntut hukuman mati bagi lima tersangka pembunuh jurnalis Jamal Khashoggi. Selain lima orang tersebut, masih ada enam orang tersangka lainnya.

11 tersangka ini datang dengan pengacara masing-masing. Namun, jalannya persidangan tak diungkap ke publik. Nama para tersangka pun tak dibeberkan.

Dilansir dari Guardian, Kamis 3 Januari 2018, jaksa penuntut juga meminta semua bukti yang telah dikumpulkan Turki untuk dikirim ke Arab Saudi untuk proses hukum lebih lanjut.

Kematian Khashoggi masih menjadi misteri. Sebelumnya, muncul rekaman video keamanan (CCTV) yang menunjukkan jasad Khashoggi yang dibawa dalam lima koper.

Lima koper terpisah itu dibawa keluar dari gedung Konsulat Jenderal Arab Saudi di Istanbul. Koper-koper ini kemudian dibawa menuju rumah Konsul Jenderal Arab Saudi.

Rumah dari Konjen Arab Saudi tersebut diketahui tidak jauh dari gedung Konsulat sendiri. Di gedung inilah Khashoggi terakhir kali terlihat masih hidup pada 2 Oktober 2018.

Jamal Khashoggi dikenal sebagai jurnalis yang kerap mengkritik Kerajaan Arab Saudi, termasuk Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman. Dia menghilang saat mengurus pernikahannya di kantor konsulat.

(WAH)