Kanada Ingin Tampung 1 Juta Imigran di 2021

PM Kanada Justin Trudeau di New York, AS, 17 Mei 2018. (Foto: AFP/Getty/DREW ANGERER)

Ottawa: Kanada ingin menampung lebih dari satu juta imigran dalam periode tiga tahun ke depan, atau mencapai angka tersebut pada 2021. Hal ini disampaikan Kementerian Keimigrasian Kanada dalam laporan tahunan di parlemen.

Pada 2017, Kanada menerima 286.479 imigran sebagai penghuni tetap. Kanada menegaskan jumlah itu akan terus bertambah pada setiap tahunnya.

“Berkat peranan para pendatang baru sepanjang sejarah kita, Kanada telah berkembang menjadi negara kuat,” ucap Menteri Imigrasi Kanada Ahmed Hussen, seperti dinukil dari laman UPI, Jumat 11 Januari 2019.

“Imigran dan keturunannya telah memberikan kontribusi luar biasa kepada Kanada. Masa depan kita tergantung dari upaya memastikan bahwa mereka semua diterima dan berintegrasi dengan baik di tengah masyarakat,” lanjut dia.

Di bawah rencana Menteri Hussen, Kanada akan menerima sekitar 350 ribu imigran tahun ini, dan 360 ribu pada 2020 dan 370 ribu satu tahun setelahnya.

Data terbaru menunjukkan total populasi Kanada kurang dari 37 juta jiwa. Sekitar satu dari lima warga Kanada adalah imigran. “Imigran telah berkontribusi terhadap pertumbuhan kelas pekerja di Kanada,” tutur Menteri Hussen.

“Pertumbuhan level imigrasi, terutama di kelas ekonomi, akan membantu tenaga kerja, mendukung pertumbuhan ekonomi dan memicu inovasi,” tambah dia.

Pemerintahan Kanada di bawah Perdana Menteri Justin Trudeau telah mendorong penerimaan imigran sejak dirinya berkuasa pada 2015. Dua tahun setelah berkuasa, PM Trudeau menegaskan akan menyambut banyak imigran terlepas dari ras serta agama mereka. 

Tekad tersebut merupakan respons PM Trudeau terhadap larangan masuk ke Amerika Serikat bagi pengungsi asal beberapa negara mayoritas Muslim yang diterapkan Presiden Donald Trump.

“Keberagaman adalah kekuatan kita,” tulis PM Trudeau di Twitter kala itu.

Baca: Kanada Terima Suaka Rahaf Mohammed al-Qunun

(WIL)